Hari yang paling utama adalah hari Jumat

deka 2016-07-22 08:44:45 Tausiyah
"Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jumat, pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula ia dikeluarkan dari surga. Kiamat pun tidak akan terjadi melainkan pada hari Jumat." (Shohih, H.R. Muslim, Abu Daud, Nasa'i, Tirmidzi)

Apa saja yang disunnahkan untuk kita lakukan pada hari Jumat?

1. BANYAK BERDOA
"Pada hari Jumat, ada satu saat dimana tidak seorang muslim pun yang memohon suatu kebaikan kepada Allah disaat itu melainkan Allah pasti akan mengabulkan Doanya, dan itu adalah sesudah salat Ashar." (H.R. Ahmad)

2. Banyak membaca Sholawat;
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَامُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِا مُحَمَّدٍ
"Harimu yang paling utama adalah hari Jumat, karena itu perbanyaklah membaca sholawat atas-Ku, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu akan disampaikan kepadaku." (H.R.Bukhori, Muslim, Abu Daud, Nasa'i)

3. Membaca Surat Al-Kahfi
Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yg membaca surat Al Kahfi pd hr Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at” (HR. An Nasa’i, Baihaqi, Hakim).

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sbgmana dlm Shohihul Jami’ no. 6470).

4. Apabila seseorang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak dan harum-haruman dari rumahnya kemudian ia
keluar rumah, lantas ia tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian ia mengerjakan shalat yang diwajibkan, dan ketika imam berkhutbah, ia pun diam, maka ia akan mendapatkan ampunan antara Jum’at yang satu dan Jum’at lainnya.” (HR. Bukhari no. 883)

5. Dari Abu Thalib r.a., ia berkata,” Nabi SAW bersabda :” Pada hari Jum’at tujuh puluh malaikat duduk di pintu masjid menuliskan nama orang-orang, sehingga nama terakhir yang ditulis adalah seorang laki-laki yang datang ketika imam sudah duduk di atas mimbar, sedangkan orang itu tidak mengganggu yang lain dalam majelis dan hanya mengucapkan yang baik.

Baarakallahu fiikum


Baca Artikel Lainnya