Hikmah Hari Ini

deka 2016-03-09 17:25:36 Tausiyah
? Bangunlah pagi hari untuk mencari rizki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan. (HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar)

? Sesungguhnya Alloh suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (profesional atau ahli).

Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wa Jalla. (HR. Ahmad)

? Seseorang yang membawa tambang (tali) lalu pergi mencari dan mengumpulkan kayu bakar lantas dibawanya ke pasar untuk dijual dan uangnya digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan nafkah dirinya, maka itu LEBIH BAIK daripada seseorang yang meminta-minta kepada orang-orang yang terkadang diberi dan kadang ditolak.
(Hadits Muttafaq’alaihi)

? Akan datang bagi manusia suatu jaman dimana orang tidak peduli apakah harta yang diperolehnya halal atau haraam. (HR. Bukhari)

? Keturunan Adam (manusia) berkata: “Hartaku … hartaku … ” Nabi shallallahu 'alaihi wasallam - bersabda:  “Adakah hartamu, hai anak Adam kecuali yang telah kamu belanjakan untuk makan atau membeli sandang lalu kumal, atau sedekahkan lalu kamu tinggalkan?” (HR. Muslim)

? Orang yang paling dirundung penyesalan pada hari Kiamat ialah orang yang memperoleh harta dari sumber yang tidak halal lalu menyebabkannya masuk Neraka. (HR. Bukhari)

? Mata pencaharian paling afdhol adalah berjualan dengan penuh kebajikan dan dari hasil profesionalisme keterampilan tangan.
(HR. Al-Bazzar dan Ahmad)

? Mencari rizki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll).
(HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

? Wahai ‘Amru, alangkah baiknya harta yang sholih di tangan orang yang sholih.
(HR. Ahmad)

? Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun.
Yang satu berdoa: “Ya Alloh, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya, tambahan peninggalan.”

Malaikat yang satu lagi berdoa: “Yaa Alloh, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya, diperkikirkannya).”
(Hadits Muttafaq’alaihi)

? Taka adanya kegiatan (pengangguran) menyebabkan hati keras (keji dan membeku).
(HR. Asysyihaab)

? Apa yang sedikit tetapi mencukupi lebih baik daripada banyak tetapi melalaikan. (HR. Abu Dawud)

Robbaba Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

Semoga Bermanfaat.
?❤?


Baca Artikel Lainnya