Lapangkan dada utk memaafkan.

deka 2016-03-18 13:53:22 Akhlak Anak
Alloh Swt. berfirman, “Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Alloh, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada.
Apakah kamu tidak ingin bahwa Alloh mengampunimu? Dan Alloh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
(QS. An Nuur [24] : 22)

Alloh SWT menurunkan ayat ini kepada Rosululloh Saw. berkenaan dengan sayyidina Abu Bakar r.a yang bersumpah bahwa dia tidak akan memberi apa-apa kepada kerabatnya ataupun orang lain yang terlibat menyiarkan berita bohong atau fitnah mengenai putrinya, Aisyah r.a. Maka, turunlah ayat ini yang melarang beliau melaksanakan sumpahnya itu sekaligus menyuruh untuk memaafkan dan berlapang dada terhadap mereka sesudah mereka mendapat hukuman atas perbuatan mereka itu.

Mari kita belajar kepada anak-anak, yang seperti apapun orangtua mereka memarahi, mereka tetap mendekat dan memeluk orangtua mereka dengan penuh kasih dan cinta.
Boleh jadi karena anak-anak hatinya masih bersih, tiada dendam.
Tapi justru di situlah cermin kita belajar, yaitu bahwa kemampuan untuk memaafkan, berlapang dada, mengasihi hanya lahir dari hati yang bersih dan bening. Dan, hati yang bersih ada sumber kekuatan, karena memaafkan hanya dimiliki oleh orang-orang yang kuat, bukan kuat fisiknya tapi kuat jiwanya.

Semoga kita bisa meniru utk berlapang dada kpd yg menyakiti kita, krn yg kita perbuatan selain cermin diri kita, juga akan kembali pd kita sendiri.

Hari Jum'at hadir kembali, mari positif dlm tutur kata, pemikiran dan perbuatan.
Membaca al kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sodaqoh.

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

Semoga Bermanfaat.


Baca Artikel Lainnya