Manfaat Mandi dengan Air Dingin Sebelum Waktu Subuh

deka 2016-03-18 10:14:54 Tausiyah
Brrrrrr.....! Kebayang kan dinginnya mandi sebelum waktu Subuh tiba? Brrrr.....!

Tapi tahukah Anda, bahwa mandi sebelum subuh baik untuk kesehatan? Waktu yang disarankan untuk mandi antara jam 2-3 malam dan maksimal 1 jam sebelum matahari terbit. Apa yang menyebabkan mandi dini hari baik untuk kesehatan?

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Berpagi-pagilah mencari rezeki, karena pagi-pagi itu membawa berkah dan menghasilkan kemenangan. Jangan sampai ayam jantan lebih cerdas darimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit." Hiks...hiks...maafkan umatmu ini ya Rasul....hamba masih sering kalah dengan ayam jantan :'(

Rasulullah SAW mengajak umatnya agar bangun sebelum subuh. Beliau mencontohkan, sesudah bangun sebelum subuh, beliau mandi, dilanjutkan shalat sunah kemudian shalat fardhu berjamaah. Apa hikmahnya? Selain mendapat pahala, kesegaran air dan udara subuh baik untuk kesehatan, yaitu:

Menyehatkan paru-paru
Menyegarkan pikiran karena memberi efek relaksasi
Oksigen yang masih bebas dari polusi bisa menyehatkan otak
Pada saat subuh atau sepertiga malam, air mengandung ozon (O3) dan partikel alpha dalam jumlah besar, dan akan berkurang sedikit demi sedikit sampai matahri terbenam. O3 berkhasiat diantaranya untuk disinfeksi (membunuh kuman), detoksifikasi (menetralkan zat beracun), mempunyai pengaruh positif pada urat saraf dan mengaktifkan kerja otak dan tulang. Sedangkan partikel alpha memiliki energi yang sangat kuat. Hal ini pula yang menjadikan tubuh lebih bugar ketimbang mandi pagi pada umumnya.

Berikut beberapa manfaat mandi pagi hari dengan air dingin lainnya :

1. Melancarkan peredaran darah

Tidak lancarnya peredaran darah termasuk penyebab penyakit jantung, stroke, dll. Perasaan dingin yang diberikan air akan membuat seluruh tubuh merinding dan bergetar, akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan baik. Selain itu, suhu dingin akan memaksa tubuh Anda mengatur kembali suhu tubuh secara terus menerus, sehinga menggunakan banyak kalori.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berguna untuk melawan berbagai jenis penyakit dan kuman di dalam tubuh

3. Dapat meningkatkan kesuburan

4. Membuat rambut lebih sehat

5. Mengurangi dan menghilangkan stres

Mandi pagi dengan air dingin bisa memasukkan oksigen ke seluruh tubuh dengan otpimal. Tubuh manusia membutuhkan oksigen dalam setiap organnya. Semakin optimal oksigen dalam tubuh, maka tingkat stres akan berkurang.

6. Menurunkan berat badan

Air sejuk yang meresap ke dalam tubuh merangsang sejenis jaringan adiposa yang berperan dalam pembakaran energi

7. Jaringan kulit semakin baik, kulit tidak kering, kulit akan menjadi lebih kenyal.

Semoga bermanfaat?


Baca Artikel Lainnya