MENGINGKARI KEBAIKAN ORANG LAIN KEPADANYA

deka 2016-03-11 05:44:46 Tausiyah
Rasululloh Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,
“Tidak dikatakan bersyukur pada Alloh bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia” (HR. Abu Daud)

Hadits ini mengandung dua pengertian:
1. Orang yg tabiat & kebiasaannya tdk mau berterimakasih terhadap kebaikan orang, biasanya dia jg mengingkari nikmat Alloh & tidak mensyukuri-Nya.
2. Alloh tdk menerima syukur hamba kepada-Nya apabila hamba tdk mensyukuri kebaikan orang.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,
“Siapa yang memperoleh kebaikan dari orang lain, hendaknya dia membalasnya. Jika tidak menemukan sesuatu untuk membalasnya, hendaklah dia memuji orang tersebut, karena jika dia memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, berarti dia telah mengingkari kebaikannya...”
(HR. Tirmidzi)

Bbrp org terdekat yg wajib disyukuri kebaikannya:

1. ORANG TUA
“Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu.”
(QS. Luqman: 14).

Tersebutlah kisah seorang anak yg pernah memikul ibunya ketika thawaf keliling Ka’bah, itu pun belum bisa dikatakan membalas setarik nafas yg ia keluarkan ketika melahirkan kita.

2. SUAMI
Kewajiban seorang istri utk berterimakasih kepada suaminya sangatlah besar. Seorang suami telah bersusah-payah mencarikan nafkah serta mencukupi kebutuhan anak & istrinya.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,
“Wahai para wanita, bersedekahlah kalian dan perbanyaklah istighfar (meminta ampunan kepada Alloh), karena aku melihat kalian terbanyaknya penghuni neraka.”
Ketika Nabi menyampaikan wasiat tersebut, ada seorang wanita bertanya, “Mengapa kami (para wanita) menjadi mayoritas penghuni neraka?” Beliau menjawab, “Kalian banyak melaknat dan mengingkari (kebaikan) suami.”
(HR. Muslim)

3. ISTRI
Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam senantiasa mengingat-ingat jasa dan perjuangan istrinya tercinta, Khadijah radhiallaahu anha. ‘Aisyah radhiallaahu 'anha berkata, “… Terkadang aku berkata kpd Nabi, ‘Seolah tidak ada wanita di dunia ini kecuali selain Khadijah!’ Nabi lalu bersabda, Sesungguhnya Khadijah dahulu begini & begitu (beliau menyebut kebaikannya dan memujinya)..."
(HR. Bukhari & Muslim)

Hari jum'at telah datang, mari membaca srt al kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa & sodaqoh.

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

Semoga Bermanfaat.
?❤?


Baca Artikel Lainnya