SHOLAT KHUSU' JALAN MENUJU PERUBAHAN

deka 2016-08-29 13:26:23 Tausiyah
Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya milik Alloh Swt. Dialah yang menciptakan alam semesta dan segala isinya, serta mengatur seluruhnya dengan sempurna. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, semua kita ingin berubah menjadi lebih baik lagi. Namun, dari mana kita harus memulai dan bagaimana?

Mulailah dari sholat kita.

Perhatikan sholat kita dan periksa apa yang masih kurang, apa yang masih keliru, lalu kita jalankan dengan serius.

Karena, ada sebagian orang, bisa jadi termasuk diri kita, yang masih lalai dalam sholatnya. Hanya gerakan-gerakan yang kurang dinikmati. Hanya bacaan-bacaan yang juga kurang dimaknai.

Bahkan, boleh jadi ada orang yang melaksanakan sholat tanpa mengerti apa maksud sholat sebenarnya.

Nah, sebagai makhluk yang lemah dan tempatnya salah serta lupa, bisa jadi kita mengalami hal-hal ini. Oleh karena itu, marilah kita terus memperbaiki kualitas sholat kita.

Alloh SWT. berfirman, “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya.” (QS. Al Mu’minun [23] : 1-2)

Alloh SWT. juga berfirman, “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Quran dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar..” (QS. Al Ankabut [29] : 45)

Jadi, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, sukses dan bahagia manakala khusyu dalam sholatnya.

Bisakah kita khusyu?

Coba perhatikan, biasanya kita akan sangat fokus dan serius manakala mengerjakan sesuatu yang penting atau yang kita gemari.

Nah, lalu mengapa kita tidak bisa khusyu, fokus, ketika sholat, padahal sholat adalah urusan yang jauh lebih penting dari segala urusan di dunia ini.

Semakin khusyu, fokus, berkualitas sholat kita, maka akan semakin baik kualitas diri kita. Semakin terpelihara sikap kita dan semakin mulia akhlak kita.

Marilah kita senantiasa berjuang, bersunggung-sungguh melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dengan dimulai dari memperbaiki sholat kita.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُوراً وَبُرْهَاناً وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُورٌ وَلاَ بُرْهَانٌ وَلاَ نَجَاةٌ وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُونَ وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَأُبَىِّ بْنِ خَلَفٍ

“Siapa saja yang menjaga shalat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa saja yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan dikumpulkan bersama Qorun, Fir’aun, Haman, serta Ubay bin Khalaf.”
(HR. Ahmad dan sanadnya dihasankan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth)

SHALAT AMALAN TERBAIK

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَاعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةُ

“Ketahuilah bahwa sebaik-baik amalan bagi kalian adalah shalat.”
(HR. Ibnu Majah, Ahmad dan Ad Darimi)


Baca Artikel Lainnya